Monday, November 1, 2010

Masak Bareng Yukk ! : Yang Khas dari Bali - Pisang Rai

Event Masak Bareng Yukk ! , kali ini mengusung tema Aneka Hidangan Khas Bali, kebetulan sekali saya punya sahabat yang asli Bali. Tanya punya tanya, ternyata ada banyak makanan khas Bali yang saya sendiri belum pernah dengar namanya. 

Sahabat saya merekomendasikan sate tusuk ala Bali yang ternyata sama sekali tidak menggunakan bumbu kecap atau bumbu kacang seperti kebanyakan sate yang saya lihat selama ini. Ehm tapi setelah saya mendapat resep sate itu, secara tidak sengaja resep yang telah di kirim terhapus oleh kesalahan sendiri, arrghh !

PIsang Rai

Saya pun googling resep lain untuk ikut event ini, dalam benak saya resep snack pasti lebih gampang dibuat dibanding demgan resep makanan besar. Cukup sulit menemukan snack atau penganan ringan asal Bali ini, dengan memasukan kata kunci di google akhirnya saya temukan juga resep yang cukup mudah di buat. Yup...Pisang Rai jadi pilihan untuk event MasBar kali ini.


PIsang Rai

Pisang Rai
Sumber : Resep Masakan Indonesia

Bahan Pisang Rai :
  • Pisang tanduk 4 buah, kupas, potong serong
  • Air 1 liter
  • Kelapa muda 200 gram parut
  • Daun pandan 2 helai, simpulkan
  • Garam 1/4 sendok teh
Bahan Tepung :
  • Tepung beras 30 gram
  • Tepung terigu 80 gram
  • Air 150 ml
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh

PIsang Rai


Cara Membuat :
  1. Campur kelapa parut, 1 helai daun pandan dan garam. Aduk hingga tercampur rata, kukus selama 15 menit. Angkat, sisihkan.
  2. Campur semua bahan adonan tepung, aduk hingga tercampur rata dan adonan licin.
  3. Campur air dan 1 helai daun pandan, rebus hingga mendidih.
  4. Celupkan pisang dalam adonan tepung hingga rata. Angkat, lalu masukkan dalam air mendidih. Masak hingga matang dan mengapung. Angkat, tiriskan.
  5. Gulingkan pisang rebus dalam kelapa parut, kukus hingga permukaan pisang tertutup kelapa.
  6. Sajikan pisang rebus balut kelapa dengan kinca gula merah.
Untuk 6 porsi

5 comments:

Indonesia Eats said...

tukeran makkk

Anonymous said...

snack sehat nich Elsye...ga pake goreng2..kapan2 gw coba yach!

Elsye said...

peppy : wekekekek maannnaaaa :P

roossy : he eh sehat ga di goreng tapi ada kelapanya :P

Nisa-mom said...

lah koq sehati..!! *tapi gue mah baru niat doank mak qiqiqiiq...

Bum2 Fam said...

mau mau mauuuu.. fotonya cantik, pasti jg si pisangnya enakkk... makassih dah mampir yah mba. salam kenal :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...